Masih Proses, Mohon Sabar :D
Sponsored By :Googlelchis.

Rabu, 30 November 2011

Ilmuwan Mengembangkan Hard Drive Dari Kaca


23.24 |


Sepertinya kemajuan teknologi dari para pakar IT tidak akan pernah berhenti, setiap waktu selalu ada pengembangan dari suatu produk dan bahkan melahirkan suatu produk yang jauh lebih hebat dan canggaih, yang terkadang oleh kita sendiri tidak terpikir, 


 Ilmuwan Inggris akan membuat hard drive untuk menyimpan data pada perangkat komputer dengan menggunakan kaca.Perangkat keras ini mirip dengan memori kristal yang terlihat di film Superman.

Ilmuwan dari Southampton University, menggunakan sinar laser guna mengatur ulang atom dalam potongan-potongan kaca dan mengubahnya menjadi jenis memori baru pada komputer. 


Mereka mengklaim bahwa memori kaca jauh lebih stabil dan tahan lama dibanding jenis memori hard drive lainnya, yang memiliki daya tahan terbatas dalam beberapa dekade, serta rentan terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh suhu tinggi dan kelembaban.

Memori yang terbuat dari kaca, mampu bertahan hingga suhu 1.800 Fahreheit, tidak terpengaruh oleh air dan informasi yang disimpan bisa bertahan sampai ribuan tahun.

"Informasi dapat ditulis, dihapus dan diedit dalam struktur molekul kaca dengan menggunakan sinar laser," cetus para ilmuwan, seperti yang dikutip dari The Telegraph, Senin (15/8/2011).

Prosesnya dengan cara merubah jalan cahaya kedalam kaca, sehingga menciptakan pusaran polarisasi cahaya (salah satu sifat cahaya yang bergerak secara oscillasi dan menuju arah tertentu) yang kemudian dapat dibaca melalui banyak cara, seperti halnya data pada serat optik.

Memori kaca telah dibandingkan dengan "kristal memori" yang digunakan dalam film Superman, yang berisi rekaman video dan data yang disimpan oleh orang tuanya ketika diputar kembali pada sebuah kristal.

Martynas Beresna, pimpinan penelitian tersebut menyatakan bahwa perangkat ini memiliki kapasitas yang setara dengan Disc Blu-ray. Kapasitas sepotong kaca yang tidak lebih besar dari sebuah layar ponsel mampu menyimpan data hingga 50GB.

"Kami telah mengembangkan memori yang dapat menyimpan data pada sebuah kaca dan memiliki daya tahan yang lama. Ini bisa menjadi bentuk yang sangat stabil dan aman daripada memori portabel," tambahnya.

Beresna juga menegaskan jika perangkat ini sangat berguna untuk sebuah organisasi yang memiliki arsip dalam jumlah besar. Proses rekaman dilakukan dengan sinar laser yang fokus pada titik-titik jejak kecil yang disebut 'voksel' ke dalam sebuah gelas silika murni. Proses dimana polarisasi cahaya melewati lapisan gelas membuatnya terlihat buram. Data yang telah dimasukan kedalam kaca tersebut dapat dibaca dengan menggunakan detektor optik.

Para peneliti telah mempublikasikan penemuan ini pada Scentific journal of Applied Physics Letter, di bawah naungan perusahaan Altechna Lithuania guna menciptakan teknologi yang nantinya akan dijual ke pasar internasional. (sumber: Okezone.com)


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar